sejarah

Asal-Usul Nama Papua New Guinea, Beda dengan Tiga Negara Guinea Afrika

emkay fiesta

Papua New Guinea adalah sebuah negara yang unik, terletak di ujung timur Kepulauan Pasifik. Namanya seringkali membingungkan dengan tiga negara yang terletak di Afrika Barat yang dikenal sebagai Guinea. Namun, asal-usul nama Papua New Guinea dan perbedaannya dengan Guinea di Afrika memiliki sejarah dan konteks yang berbeda. Dalam artikel ini, kita akan membahas asal-usul nama Papua New Guinea dan menjelaskan perbedaannya dengan tiga negara Guinea di Afrika.

Asal-Usul Nama Papua New Guinea

Papua New Guinea adalah sebuah negara yang terdiri dari setengah pulau Papua dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Nama “Papua” berasal dari kata “papou” dalam bahasa Melayu-Polinesia yang berarti “orang dengan rambut keriting,” yang kemungkinan mengacu pada ciri fisik penduduk asli Papua. Sementara itu, nama “Guinea” berasal dari kata “Gini” dalam bahasa Bahasa Mandara yang berarti “wanita hitam.”

“New Guinea” sendiri sebenarnya berasal dari penjelajah Spanyol pada abad ke-16 yang menemukan pulau tersebut dan menamainya sebagai “Nueva Guinea” (Guinea Baru) karena kemiripan fisik antara penduduk asli Papua dan penduduk Guinea di Afrika Barat. Ketika wilayah itu menjadi koloni Belanda dan kemudian menjadi teritori Mandat Liga Bangsa-Bangsa, nama “Nieuw Guinea” atau “New Guinea” dipertahankan. Setelah Papua New Guinea mencapai kemerdekaan dari Australia pada tahun 1975, nama ini dipertahankan sebagai nama resmi negara tersebut.

Perbedaan dengan Guinea di Afrika

Sementara Papua New Guinea adalah sebuah negara yang terletak di Pasifik Selatan, tiga negara di Afrika yang dikenal sebagai Guinea adalah Guinea, Guinea-Bissau, dan Guinea Khatulistiwa (yang dikenal sebelumnya sebagai Guinea Spanyol).

  1. Guinea: Guinea adalah negara di Afrika Barat yang terletak di sebelah utara Guinea-Bissau dan pantai Atlantik. Ibukotanya adalah Conakry.
  2. Guinea-Bissau: Guinea-Bissau adalah negara yang berbatasan dengan Guinea di sebelah utara dan timur, serta memiliki garis pantai di Samudra Atlantik. Ibukotanya adalah Bissau.
  3. Guinea Khatulistiwa: Guinea Khatulistiwa terletak di Afrika Tengah dan berbatasan dengan Kamerun, Republik Afrika Tengah, dan Gabon. Ibukotanya adalah Malabo.

Perbedaan geografis dan sejarah antara Papua New Guinea dan tiga negara Guinea di Afrika cukup jelas. Papua New Guinea adalah negara kepulauan di Pasifik Selatan, sementara tiga negara Guinea di Afrika terletak di wilayah Afrika Barat dan Afrika Tengah.

Kesimpulan

Meskipun nama “Guinea” mungkin membingungkan, khususnya bagi mereka yang kurang familiar dengan geografi global, perbedaan antara Papua New Guinea dan tiga negara Guinea di Afrika cukup jelas. Papua New Guinea memiliki sejarah yang unik dan asal-usul nama yang berbeda dari negara-negara Guinea di Afrika. Dengan pemahaman ini, kita dapat menghargai keberagaman dunia dan menghormati warisan budaya yang berbeda di seluruh benua.

liquid vape emkay

Nikmati sensasi kenikmatan vaping dengan liquid vape EMKAY Frizz Happy Sour. Pesan sekarang dan temukan kelezatan baru setiap hirupan!

Related posts

Warisan Medis Islam Kontribusi Dokter Muslim dalam Mengobati Gangguan Jiwa

Miyaz

Kelaparan Hebat Akibat Politik Beras Zaman Pendudukan Jepang

Miyaz

Leave a Comment