DuniaedukasiMisteri

Niche Conservatism dan Perubahan Ekologi Selama Kepunahan Massal Devonian Akhir

emkay fiesta

Seorang mahasiswa doktoral dari University of Connecticut tengah mengeksplorasi peristiwa kepunahan massal yang terjadi pada periode Akhir Devonian, sekitar 370 juta tahun lalu. Fokus penelitiannya bukan hanya pada pencarian kebenaran sejarah, tetapi juga untuk memahami dampak peristiwa tersebut terhadap ekosistem dan komunitas organisme di dalamnya. Melalui kajian ini, diharapkan dapat ditemukan wawasan baru terkait ekologi, evolusi, dan keanekaragaman hayati pada saat-saat kritis kepunahan massal.

Baca juga : Alkimia: Sains Rasional di Balik Mitos Abad Pertengahan

Iklan Backlink

Relevansi Dengan Perubahan Lingkungan Saat Ini

Menurut peneliti ini, momen perubahan besar dalam lingkungan selalu memiliki relevansi yang signifikan dengan masa kini. Bagaimana komunitas organisme merespons ketika terjadi pergolakan lingkungan? Pertanyaan ini menjadi landasan utama penelitian yang dilakukan oleh Sarah Brisson. Dalam konteks ini, pemahaman terhadap perubahan lingkungan pada masa lalu dapat memberikan wawasan berharga terkait dinamika lingkungan yang sedang terjadi saat ini.

Portal Informasi Seputar UKM Indonesia

Niche Conservatism dan Ekologi Selama Peristiwa Kepunahan Massal

Penelitian ini telah diwujudkan dalam artikel yang dipublikasikan dalam Proceedings of the Royal Society B, dengan judul “Niche conservatism and ecological change during the Late Devonian mass extinction.” Brisson, mahasiswa doktoral yang memimpin penelitian ini, mencoba merumuskan masalah dengan memfokuskan perhatian pada brachiopoda, makhluk kecil bercangkang yang mendiami lautan pada masa Devonian Akhir.

Iklan Hosting

Brisson menilai bahwa memahami ‘peristiwa kepunahan massal’ menjadi krusial karena perubahan besar yang terjadi dalam lingkungan. Sejalan dengan hal tersebut, ia juga menyoroti dampak perubahan tersebut terhadap organisme sebagai kunci dalam memahami lingkungan saat ini dan perubahan lingkungan yang sedang kita alami.

Penelitian Berfokus pada Brachiopoda

Untuk menyelidiki lebih lanjut, Brisson memusatkan perhatian pada fosil brachiopoda yang dikumpulkan dari Appalachian Basin di New York dan Pennsylvania. Pemilihan spesies ini menjadi penting karena kemungkinan besar brachiopoda mendominasi dasar laut di Devonian Akhir. Sehingga, dengan menganalisis fosil-fosil ini, penelitian dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai respons komunitas organisme terhadap kepunahan massal pada masa itu.

Lautan dan Daratan: Transformasi Ekosistem Devonian Akhir

Pada saat Devonian Akhir, Appalachian Basin merupakan laut dangkal yang terbentuk setelah munculnya pegunungan. Brisson menekankan bahwa dasar laut pada masa itu kemungkinan besar ditutupi oleh brachiopoda, menunjukkan kelimpahan makhluk ini dalam sampel fosil. Selain itu, fenomena lainnya juga terjadi, seperti peningkatan kelimpahan ikan di perairan dan penghijauan besar-besaran di daratan. Tumbuhan baru bahkan mulai berkembang untuk pertama kalinya dalam sejarah Bumi.

Mengartikan Pemahaman terhadap Dinamika Ekosistem

Brisson memandang Bumi sebagai sistem utuh, di mana perubahan dalam satu aspek dapat menciptakan gelombang efek di berbagai bidang. Dengan demikian, melalui penelitiannya, dia berusaha mengartikan dinamika ekosistem pada masa itu sebagai bagian integral dari struktur keseluruhan Bumi.

Baca juga : Mengelilingi Keunikan 7 Museum: Dari Mumi Hingga Karya Seni Gagal

Iklan Backlink

Dengan menggali lebih dalam ke masa lalu, penelitian ini memberikan kontribusi yang berharga untuk pemahaman kita tentang adaptasi dan respons organisme terhadap perubahan lingkungan. Sehingga, tidak hanya menjadi kajian ilmiah yang menarik, tetapi juga menjadi bahan refleksi untuk tindakan kita dalam menjaga keberlanjutan lingkungan di masa kini.

Portal Informasi Seputar UKM Indonesia
liquid vape emkay

Nikmati sensasi kenikmatan vaping dengan liquid vape EMKAY Frizz Happy Sour. Pesan sekarang dan temukan kelezatan baru setiap hirupan!

Related posts

Benarkah Priramida di bangun Oleh Alien?

Miyaz

Kenapa Hidung pada Patung-Patung Mesir Kuno Hilang? Ini Penjelasannya

Miyaz

Indonesia Butuh Reformasi, Bukan Ganti Presiden

Faqih Jafar

Leave a Comment