Image default
Games

Ulasan God Of War: Keluar Dengan Yang Lama, Masuk Dengan Yang Baru

Seri God of War , sampai sekarang, masih sangat dekat dengan standar yang ditetapkan dalam game asli tahun 2005. Lebih dari satu dekade (dan banyak game) kemudian, masuk akal jika Sony ingin mencampuradukkan berbagai hal untuk seri hack-and-slash yang sudah tua. Seperti banyak waralaba populer yang telah menemukan kembali diri mereka sendiri dalam beberapa tahun terakhir, God of War yang baru masuk ke dalam sumur kiasan RPG dunia terbuka. Ini juga mengalihkan fokusnya ke mitologi Nordik, membuang dewa dan legenda Yunani yang ikonik yang memberikan dasar untuk setiap game sebelumnya.

Pergeseran besar ini tidak menandakan akhir dari God of War seperti yang kita ketahui, melainkan memungkinkan DNA seri untuk mengekspresikan dirinya dengan cara baru. Ada banyak alasan mengapa transformasi struktural adalah hal yang baik, tetapi apa yang terjadi pada Kratos, mesin kematian raksasa, yang meninggalkan kesan abadi. Ikon yang marah dan haus darah telah berubah menjadi sosok ayah yang sensitif. Sebagian dari dirinya mempertahankan kecenderungan kekerasan lama yang membuatnya menjadi bintang sejak lama. Namun, dengan putranya yang masih kecil Atreus untuk melindungi dan membimbing, kita juga melihat Kratos menarik napas dalam-dalam dan mengubur naluri buasnya untuk memberi contoh positif.

Menyaksikan Kratos berhati-hati dalam memelihara kepekaan anaknya memang terasa sedikit menggelegar di awal, tetapi berkat tulisan alami, pengisi suara yang pas, dan animasi yang sempurna, mudah untuk tersedot ke dalam perjalanan duo dan membeli pertumbuhan bersama mereka. Meskipun dia adalah seorang guru, Kratos membawa segunung kesedihan dan rasa mengasihani diri sendiri yang hanya bisa diatasi oleh kepolosan putranya. Dan Atreus mengalami pasang surutnya sendiri yang mungkin telah membawanya ke jalan yang sangat berbeda jika bukan karena tangan pemandu Kratos.

Dan seperti pendahulunya, God of War adalah karya teknis dan artistik. Tidak diragukan lagi ini adalah salah satu game konsol dengan tampilan terbaik yang pernah dirilis, dengan setiap lingkungan yang menakjubkan dan karakter mistis yang menunjukkan perhatian yang mengesankan terhadap detail dan keindahan yang berkembang pesat. Visi di balik semua ini terbukti dalam fisik Kratos yang beruban dan peralatan lapuk, dalam efek atmosfer yang mengubah lingkungan pedesaan yang dipercaya menjadi barang impian, dan dalam keseluruhan desain dan struktur dunia itu sendiri.

Sebagian besar perjalanan diatur di ranah Midgard. Di jantungnya terletak sebuah danau luas yang dapat Anda jelajahi dengan kano, dengan garis pantai yang dihiasi oleh teka-teki opsional, lawan yang tangguh, dan pintu masuk ke wilayah utama peta. Misi Anda akan membawa Anda melewati sebagian besar tempat ini, dan di sepanjang jalan Anda mungkin akan memperhatikan jalur yang tidak dapat diakses dan sekilas harta karun yang disegel. Selalu ada banyak ruang untuk dijelajahi di luar jalur utama dan alasan bagus untuk memberikan rasa ingin tahu, tetapi godaan ini khususnya memacu Anda untuk memeriksa kembali area yang dikunjungi sebelumnya saat kemampuan Anda berkembang.

Dengan anak laki-laki yang bertarung di sisi Anda, menembakkan panah atau mencekik musuh yang tidak curiga, Anda akan bekerja sama melawan troll gua yang rusak, menghadapi binatang buas yang menjulang tinggi, dan melawan ratusan pejuang supernatural yang cerdas selama perjalanan Anda. Kratos lebih suka menggunakan kapak akhir-akhir ini, yang fungsinya sangat berbeda dari Blades of Chaos berantai yang dikenalnya. Ini datang dengan kemampuan yang sangat memuaskan dan keren untuk secara ajaib memanggil senjata Anda ke tangan Anda (seperti Thor dan palunya), sebuah gerakan yang tidak pernah menjadi tua.

Dan sungguh, begitu juga pertempuran pada umumnya. Kamera over-the-shoulder baru membawa Anda langsung ke keributan, dan akibatnya membatasi pandangan Anda. Anda tidak dapat melihat musuh dari semua sudut sekaligus dan harus waspada setiap saat. Secara default, gim ini menyediakan ikon kedekatan untuk memperingatkan Anda tentang serangan yang masuk, tetapi ada baiknya mengutak-atik UI untuk pengalaman yang lebih mendalam saat Anda memahami bagaimana pertarungan mengalir.

Jarang Anda benar-benar dapat melakukan spam kombo tanpa membahayakan diri sendiri, dan penekanan pada perhatian ini memperkuat kelulusan God of War dari kelesuan hack-and-slash tradisional. Kenyataan bertarung dengan kapak juga membuat menghindari bahaya menjadi proses yang melelahkan. Tetapi ketika variabel sejajar dan Anda bisa menyerang musuh, penanganan kapak Kratos yang tangkas memungkinkan dia untuk memukul dengan keras, dan memberi Anda kesempatan untuk melenturkan kekuatannya dengan sedikit gaya.

Kumpulan dasar kombo jarak dekat dan perilaku senjata dapat diperluas dengan menuangkan poin pengalaman ke dalam pohon keterampilan dan dengan mengaktifkan kemampuan rune magis yang mengikat dua input serangan Anda. Ada banyak pilihan untuk dipertimbangkan dan taktik untuk dipelajari, termasuk pohon keterampilan untuk bertarung dengan tangan kosong. Ada ritme indah yang bisa ditemukan saat beralih dari kapak ke tinju, dan kemudian ke gerakan eksekusi brutal Kratos yang memuaskan, sambil merunduk dan meluncur keluar dari bahaya.

Pertarungan God of War sudah bagus di awal, tetapi menjadi lebih baik karena terus memperkenalkan satu demi satu lapisan baru. Anda benar-benar dapat tersandung ke musuh yang sangat menghukum yang dibuat lebih mudah dengan waktu yang mahir dan penguasaan setiap keterampilan yang tersedia, tetapi Anda juga dapat berhasil di level mana pun selama Anda menguasai seni menangkis dan menghindari serangan yang masuk.

Atreus tidak dapat dikonfigurasi sejauh yang dapat dilakukan Kratos, tetapi masih ada banyak cara untuk menyesuaikan kemampuannya sesuai keinginan Anda. Panah yang dia tembakkan dapat dicampur dengan berbagai jenis sihir, dengan beberapa peningkatan elemen dan fungsionalitas, dan dia akhirnya mendapatkan kemampuan untuk memanggil hewan spektral yang dapat membahayakan dan mengalihkan perhatian musuh, atau mengumpulkan item. Berkat tata letak tombol pintar, sebenarnya sangat mudah untuk menyerang dan bertahan sebagai Kratos sambil juga memerintah Atreus. God of War memberi Anda banyak hal yang harus dilakukan pada saat tertentu dan membuat Anda merasa seperti seorang pejuang berpengalaman dalam prosesnya.

Armor yang dipakai Kratos dan Atreus dapat memengaruhi berbagai statistik karakter, afinitas elemen, dan mungkin termasuk slot untuk pesona yang memberikan bonus lebih lanjut. Armor dapat dibeli atau dibuat menggunakan beberapa sumber daya yang tersebar di seluruh dunia, dan dapat ditingkatkan oleh dua pandai besi permainan: dua saudara kurcaci yang terus-menerus berselisih satu sama lain. Ada Brok, si kurcaci biru bermulut kotor, dan Sindri, seorang pria yang jauh lebih lembut namun tragis germophobia – lelucon yang biasanya lucu, meskipun kadang-kadang didorong terlalu keras.

Betapapun menyenangkannya keduanya, Mimir-lah yang akhirnya mencuri perhatian. Sage bertanduk, bermata satu menemani Anda dan Atreus untuk sebagian besar permainan, melayani sebagai panduan Anda ke Midgard, dan sumber dalam ke dalam seluk beluk politik Norse. Mimir dan pandai besi memiliki kepribadian individu yang kuat, seperti halnya setiap karakter lain yang Anda temui selama permainan. Kami merahasiakan identitas lain secara umum untuk menghindari spoiler, tetapi terlepas dari siapa yang Anda temui, pemeran God of War kuat, meyakinkan, dan anehnya mempesona. Tetapi pencapaian sebenarnya adalah bagaimana, meskipun hanya ada segelintir karakter untuk berinteraksi, kepribadian besar mereka mewarnai petualangan Anda dengan anekdot menggoda yang menarik Anda ke dunia dan mengilhami tanah dengan rasa sejarah yang nyata.

Jika ada bagian dari misi menyeluruh yang terasa mengecewakan, itu adalah pertempuran terakhir melawan antagonis utama. Dia hebat dari sudut pandang naratif, terurai dengan cara yang mengubah perspektif Anda, tetapi pertarungan itu sendiri yang membuat Anda menginginkannya. Ada banyak pertempuran bos besar dan tes keterampilan sepanjang permainan, namun pertarungan ini tidak mencapai ketinggian yang sama, dan terasa seperti dimainkan sedikit aman. Ini bisa menjadi efek dari mengkonfigurasi Kratos dan Atreus begitu saja, atau mungkin terlalu mudah untuk memulai. Untungnya, itu tidak semua permainan memiliki lengan bajunya.

Dua area opsional khususnya tampaknya dirancang dengan mempertimbangkan permainan akhir. Yang pertama, Muspelheim, menawarkan serangkaian pertempuran di arena yang dikelilingi oleh aliran lava dan bumi hangus. Beberapa cobaan hanyalah pertarungan melawan musuh yang kuat, sementara yang lain mengharuskan Anda untuk mengalahkan gelombang secara berurutan–jika bahkan satu musuh tetap hidup, hanya perlu beberapa detik bagi yang lain untuk bangkit secara otomatis. Alam lain, Niflheim, dihasilkan secara acak setiap kali Anda berkunjung, tetapi selalu dipenuhi dengan gas beracun. Tujuannya adalah untuk bertahan hidup selama mungkin sambil mengumpulkan pembunuhan dan mengumpulkan harta, dan melarikan diri sebelum racun menguasai. Kedua lokasi menawarkan pengejaran yang menegangkan dan bermanfaat yang hanya dapat diakses jika Anda bermain sebaik mungkin.

Dan kemungkinan besar Anda akan sangat terpikat oleh alur cerita dan prosesi peristiwa sehingga akan ada banyak kegiatan sampingan lain yang tersisa di Midgard setelah kredit bergulir. God of War tidak diatur dalam dunia terbuka yang besar, tetapi diisi dengan rahasia dan pencarian. Di mana sebagian besar game dengan peluang pencarian yang panjang dan beragam cenderung berjalan sedikit basi pada akhirnya, God of War memiliki efek sebaliknya. Ini jauh lebih lama dari yang seharusnya, meskipun Anda berharap Anda tidak pernah kehabisan hal yang harus dilakukan.

Dalam banyak hal, God of War adalah serial yang selalu ada. Ini adalah game aksi spektakuler dengan set piece epik, nilai produksi anggaran besar, dan pertarungan sengit yang semakin seru dan mengesankan seiring kemajuan Anda. Apa yang mungkin mengejutkan Anda adalah seberapa dewasa penceritaannya. Seperti Kratos, God of War mengingat masa lalu sambil mengakui kebutuhan untuk meningkatkan. Segala sesuatu yang baru yang dilakukannya adalah menjadi lebih baik, dan sebagai hasilnya, segala sesuatu yang dipegangnya memiliki manfaat. Kratos bukan lagi makhluk kasar yang bisa diprediksi. God of War bukan lagi serial aksi kuno. Dengan reboot ini, ia dengan percaya diri berjalan di jalur baru yang diharapkan akan mengarah pada petualangan yang lebih menarik di masa mendatang.

 

Rilis PC God of War

Hampir empat tahun setelah rilis awal, God of War akhirnya hadir di PC. Jika Anda belum melihat kisah panjang Sony Santa Monica tentang Mad Dad Kratos and Boy, versi PC adalah yang harus Anda ambil. Itu tidak membawa konten baru ke meja, tetapi menawarkan opsi grafis yang membuat permainan yang sudah indah terlihat lebih baik.

God of War versi PC mendukung resolusi 4k dan framerate yang tidak terkunci, DLSS dan tampilan ultrawide, serta beberapa opsi yang lebih terperinci untuk mengubah tampilan game, seperti menaikkan resolusi tekstur atau meningkatkan tampilan bayangan. Mungkin peningkatan yang paling menonjol adalah framerate yang tidak terkunci, yang membuat beberapa momen halus seperti mentega dari Kratos membanting Leviathan Axe menjadi draugr dan troll. God of War berjalan pada 30fps di PlayStation 4, jadi jika ini adalah pertama kalinya Anda bermain atau mengunjungi kembali game sejak saat itu (tanpa, katakanlah, peningkatan ke versi PlayStation 5), framerate yang lebih tinggi adalah langkah maju yang bagus untuk game yang semua tentang animasi yang apik dan keadaan aliran membangun kombo yang menghancurkan. Namun, secara umum, God of War adalah game yang sangat cantik bahkan dalam inkarnasi PS4-nya,dan tetap permainan yang sangat cantik di sini, apakah Anda menaikkan grafis dan framerate atau tidak.

Selain kemampuan grafis yang ditingkatkan, peningkatan utama lainnya dalam versi PC adalah kustomisasi. Anda dapat melakukan banyak hal untuk mengacaukan grafis game, tampilan head-up, dan kontrol kamera untuk membuat God of War bermain seperti yang Anda inginkan. Seperti game PC lainnya, God of War juga mendukung berbagai pengaturan kontrol–sementara pemain PlayStation dibatasi untuk menggunakan DualShock atau DualSense, Anda tidak terkunci di PC. Saya bermain hampir secara eksklusif dengan gamepad Xbox, dan rasanya sama alaminya dengan seolah-olah game tersebut dibuat untuk dimainkan di platform sejak awal. Meskipun Anda tidak dapat memetakan ulang kontrol gamepad, semuanya dapat dikustomisasi jika Anda bermain dengan mouse dan keyboard untuk mendapatkan lebih banyak peluang untuk menyesuaikan bagaimana rasanya game.

God of War tidak berbeda secara drastis di PC jika dibandingkan dengan versi PS4 yang diluncurkan kembali pada tahun 2018, tetapi peningkatan kecilnya pasti bagus, menjadikan ini port PC yang solid secara keseluruhan. Tidak ada alasan yang cukup di sini untuk membeli salinan kedua dari permainan jika Anda sudah bermain, tentu saja, tetapi versi PC adalah alasan yang bagus untuk memeriksa God of War untuk pertama kalinya bagi siapa saja yang belum memilikinya. kesempatan untuk mengalaminya. God of War tetap menjadi game aksi yang luar biasa, cantik, dan mempengaruhi, dan dengan port ke PC, ia mendapat beberapa perbaikan yang bagus, jika agak kecil.

Related posts

Pokemon Brilliant Diamond dan Shining Pearl nyaman bernostalgia

Miyaz

It Takes Two Game yang cocok dimainkan berdua

Rumi