Ada yang bilang jualan di sosial media tidaklah mudah. Tetapi ada yang bilang jualan di sosial media lebih mudah. Bagaimana dengan teman-teman Accurate Digital Partner (ADP) yang di sarankan untuk memasarkan Accurate Online melalui sosial media. Kali ini, Accurate.Partners akan memberikan tips efektivitas beriklan di facebook untuk ADP.
Banyak orang di luar sana, termasuk para pebisnis online yang belum mampu membuat iklan yang efektif di facebook. Bahkan mereka merasa boncos beriklan di facebook. Bagaimana dengan para ADP? Nah kali ini, Accurate.Partners ingin membuat kalian naik kelas hingga bisa scale up penjualan Accurate Online dengan memasang iklan yang efektif dan efisien di facebook.
Apa saja yang harus teman-teman ADP lakukan untuk berhasil dan bisa mendapatkan closing yang banyak dari facebook? Ada beberapa hal yang harus teman-teman ADP lakukan dan perhatikan untuk berhasil dan membuat efektivitas beriklan di facebook.
Mapping Target Market
Ketika Anda sudah menginginkan untuk memasang iklan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mapping target market dari produk yang Anda pasarkan. Karena Anda seorang ADP, produk yang Anda jual adalah Accurate Online. Tentunya Anda sudah tahu siapa saja target marketnya.
Salah satu cara termudahnya, Anda harus menyusun target terlebih dahulu. Siapa saja yang akan Anda jadikan calon konsumen. Anda bisa mencatatnya terlebih dahulu di satu kertas atau buku catatan sebelum diterapkan di campaign facebook Anda.
Contoh Mapping
Jenis Kelamin : Anda bisa menentukan jenis kelamin audience yang ingin di sasar. Apakah Anda ingin menyasar laki-laki atau perempuan
Usia : Kira-kira calon konsumen Anda usianya berapa? Jika pengusaha bisa Anda coba mulai dari 30-65 tahun.
Tingkat Pendidikan : SMA, SMK, Kuliah? Ini penting loh.
Penghasilan : Seorang pengusaha, umumnya memiliki penghasilan berapa? Ini wajib Anda ketahui dan Anda tentukan saat ingin memasang iklan.
Pekerjaan : Tentunya pekerjaan yang ditentukan adalah Pengusaha, dan pelaku bisnis
Relationship : Anda bisa menentukan target berdasarkan status relationship-nya.
Lokasi : Ini cukup penting, lokasi menjadi penentu di wilayah mana ingin Anda sasar. Apakah di kota Anda tinggal atau di kota lain.
Hobi & Olahraga : Apa ketertarikan mereka? Ini menjadi salah satu hal penting untuk lebih tertarget.
Ketertarikan : Siapa yang menjadi idola mereka, biasanya berkaitan dengan buku, musik, dan gaya hidup
Setelah Anda mendapatkan target market yang tepat, Kamu bisa langsung menerapkannya di kampanye iklan facebook milik Anda. Sehingga memudahkan Anda dalam mendapatkan calon konsumen potensial dari facebook.
Poin di atas sudah ada di menu facebook. Sehingga Anda cukup menyesuaikannya dengan target pasar yang ingin Anda sasar. Jika tak sesuai, maka target audience harus diganti pada iklan berikutnya.
Tujuan Iklan
Tujuan iklan menjadi tahapan awal Anda memasang iklan di facebook. Dengan menentukan tujuan, Anda akan menentukan apa yang dilakukan oleh para pembeli ketika melihat iklan yang Anda buat. Gak usah bingung, karena facebook menyediakan beberapa pilihan tujuan iklan yang akan Anda buat.
Misal untuk konversi, interaksi, atau branding saja. Semua menyesuaikan pada pilihan yang Kamu pilih untuk bisnis Anda ingin lakukan. Kadang memang memerlukan banyak waktu untuk menentukan tujuan iklan ini.
Gunakan Kalimat Mengikat
Dalam iklan facebook, facebook tidak memberikan kesempatan berbelit-belit untuk pengiklan. Anda diharuskan memiliki kalimat yang benar-benar mengikat. Facebook membatasi jumlah kata-kata. Seperti judul hanya diperbolehkan 25 karakter dan deskripsi 135 karakter. Selain itu, kata-kata di gambar tidak lebih dari 20%.
Untuk mendapatkan iklan efektif, Anda harus mampu mencatat poin-poin penting dari setiap iklan yang Anda pasang. Ini akan membantu facebook untuk langsung menerima poin penting dari pesan yang ingin Anda sampaikan kepada para calon konsumen.
Bikin Gambar Menarik
Iklan di facebook mengharuskan Anda menaruh gambar. Agar iklan Anda menjadi konversi, dan banyak calon pembeli yang melirik. Anda harus membuat gambar yang menarik agar target iklan yang sudah Anda bidik tertarik untuk segera membeli produk atau minimal bertanya dengan produk yang Anda iklankan.
Gambar merupakan salah satu kunci awal keberhasilan dalam membuat iklan. Dengan gambar yang menarik, peluang produk Anda akan dibeli pun semakin besar. Anda bisa segera menghasilkan closing hanya dari beberapa iklan yang Anda pasang.
Gunakan Fitur Lookalike Audience
Apa sih fitur ini? Mengutip dari dailysocial.id, fitur ini memang disediakan oleh facebook untuk membantu Anda para pengiklan menargetkan orang-orang yang memiliki karakteristik hampir sama dengan target audience yang Anda sasar.
Cara kerjanya, facebook akan membaca pola target yang Anda pasangkan. Facebook akan mencarikan pengguna lain yang memiliki pola yang hampir sama dengan target yang Anda pasangkan. Anda bisa mengaktifkan fitur ini ketika akan memasang iklan.
Maksimalkan Pelanggan Lama
Ketika Anda ingin memasang postingan facebook, jangan pernah mengabaikan pelanggan lama. Banyak para pemasang iklan di facebook menargetkan pelanggan baru untuk mendapatkan lebih banyak pesanan. Padahal, hal ini cukup sulit. Cobalah untuk menyasar pelanggan lama untuk meningkatkan closing lebih besar.
Apa lagi facebook memudahkan Anda untuk memposting konten iklan untuk menyasar pelanggan lama. Anda bisa menggunakan konten custom audience dengan menyisipkan alamat email konsumen lama untuk disasar facebook.
Memasang iklan di facebook bukan perkara mudah. Anda harus memiliki strategi yang efektif untuk mendapatkan winning campaign yang efektif. Meskipun hal tersebut bukanlah perkara mudah, tetapi Anda tetap bisa mencoba membuat winning campaign beberapa kali untuk mengetahui karakter audience yang Anda sasar. Sehingga bisa membuat efektivitas beriklan di facebook berhasil.
Nikmati sensasi kenikmatan vaping dengan liquid vape EMKAY Frizz Happy Sour. Pesan sekarang dan temukan kelezatan baru setiap hirupan!